Selasa, 10 April 2018

SOIL INVESTIGATION / SOIL TEST

SOIL INVESTIGATION / SOIL TEST

Dalam sebuah perencanaan bangunan konstruksi, entah itu perencanaan sebuah konstruksi jembatan ataupun perencanaan sebuah konstruksi gedung dan atau bangunan konstruksi lainnya yang akan membutuhkan sebuah kontruksi pondasi nantinya, maka selalu akan berhubungan dengan kondisi dan keadaan tanah di area sekitar bangunan konstruksi tersebut.

Mengapa kita perlu mengetahui  kondisi dan keadaan tanah di area sekitar bangunan konstruksi tersebut ?

Seperti kita ketahui bahwa sebuah bangunan konstruksi, entah itu bangunan kontruksi jembatan atau bangunan konstruksi gedung, nantinya pasti akan dibebani oleh orang-orang atau kendaraan yang melakukan sebuah aktifitas diatasnya. Dan orang-orang atau kendaraan diatas jembatan atau gedung tersebut akan menjadi sebuah beban-beban konstruksi. Beban-beban kontruksi tersebut bersama dengan beban jembatan itu sendiri atau beban gedung itu sendiri akan disalurkan ke Pondasi. Selanjutnya dari pondasi tersebut akan disalurkan ke tanah, oleh karena itu maka pondasi harus benar-benar berada dan bertumpu pada tanah yang dalam keadaan stabil yaitu tanah yang memiliki daya dukung sesuai dengan yang telah di-syaratkan sehingga mampu menahan seluruh beban-beban yang berada di-atasnya .

Bagaimanakah untuk mengetahui tanah tersebut dalam kondisi stabil atau sudah sesuai dengan yang di-syaratkan ?

Untuk mengetahui keadaan tanah dalam kondisi stabil atau sudah sesuai dengan yang di-syaratkan maka perlu dilakukan suatu investigasi tanah atau Soil Test dengan melakukan Boring Test dan Sondir Test .

Apakah yang dimaksud dengan Boring Test ?

Boring Test adalah Pengujian Tanah / Soil Test yang bertujuan untuk mengetahui letak kedalaman tanah keras dengan cara melakukan pengeboran pada tanah sebanyak yang telah ditentukan untuk mengambil contoh tanah. Dan untuk lokasi titik pengeboran tersebut tidak boleh jauh dari lokasi titik Sondir. Pengambilan contoh tanah yang dilakukan pada masing-masing titik bor adalah Contoh Tanah Terganggu / Disturb Sample dan Contoh Tanah Tidak Terganggu / Undisturb Sample. Pengambilan Contoh tersebut umum nya dengan  interval  5 m    dengan    kedalaman    hingga   didapat   nilai N-SPT sebesar > 50   (umum nya  tanah keras  diasumsikan berada  pada  nilai    N-SPT  >  50)  dan nilai tersebut dilakukan hingga 3 kali terbaca dengan nilai yang sama.   Selanjutnya contoh tanah tersebut akan dilakukan pengujian secara Laboratorium untuk mendapatkan variabel tanah, sudut geser tanah, berat jenis tanah, dan untuk memastikan terhadap jenis lapisan tanah yang men-syaratkan bahwa lapisan tanah tersebut sudah berada pada tanah asli atau tanah keras.

Apakah yang dimaksud dengan Sondir Test ?

Sondir Test adalah Pengujian Tanah / Soil Test yang bertujuan untuk mengetahui letak kedalaman tanah keras sebanyak yang ditentukan dengan cara menekan batang baja silinder masuk kedalam tanah dengan beban maksimum sebesar beban yang akan dipikul oleh per-titik pondasi dan dengan kedalaman hingga konus menunjukkan nilai Daya Dukung Tanah  (qc)  ≥  200  kg/cm2  (umumnya tanah keras diasumsikan berada pada nilai konus (qc)  ≥  200  kg/cm2 ) dan nilai tersebut dilakukan hingga 3 kali terbaca dengan nilai yang sama.   Pembacaan nilai konus umumnya dilakukan dengan interval  20  cm.  Dan Sondir Test ini tidak dapat dilakukan pada lokasi tanah berbatuan yang tak seragam, karena alat sondir tidak dapat menembus batuan walaupun dibawah batuan tersebut terdapat tanah lunak, sehingga hasil uji tidak optimal dan sangat berbahaya jika pondasi bertumpu / berpijak   pada batuan tersebut.

Selanjutnya dari hasil Soil Investigation / Soil Test tersebut yang akan menjadi acuan / pedoman untuk menentukan dan men-desain jenis pondasi yang akan digunakan.

#nangsuhada#civilengineering#

1 komentar:

  1. I want to share with you all here on how I get my loan from Mr Benjamin who help me with loan of 400,000.00 Euro to improve my business, It was easy and swift when i apply for the loan when things was getting rough with my business Mr Benjamin grant me loan without delay. here is Mr Benjamin email/whatsapp contact: +1 989-394-3740, Lfdsloans@outlook.com / 

    BalasHapus